bunga, hobby, tanaman

Mekarnya Bunga Matahari



Ini baru sekitar 7 cm diameternya.

Ini hasil menyemai bibit bunga matahari sisa makanan hamster, ya ga hanya bunga matahari yang tumbuh, ada kacang hijau, dan beberapa tanaman dari beberapa jenis bijian lainnya yang ga tahu namanya. Kira-kira sebulan lebih kayaknya akhirnya bunga matahari ini mekar.

Sepertinya kalau ditanam berderet akan terlihat cantik sekali, apalagi sifat bunga ini menyukai sinar matahari dan mengarahkan “wajah” mahkota bunganya senantiasa ke arah sinar matahari.

Iklan
hobby, tanaman

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian


http://pustaka.litbang.deptan.go.id/agritek.php
Berisi teknologi tepat guna pengelolaan bahan-bahan pertanian dan sebagainya.

Ada cara pembuatan Nata de Coco, pembuatan kompos, pembuatan bio diesel, budidaya lengkeng, pertanian organik, dan sebagainya

*cocok buat hobby dan hidup sehat πŸ™‚

curhat, hobby, livinginjogja, pernik, tanaman

Kejutan, buah semangka di teras rumah nongol juga!


Kira-kira 1 bulan ini di teras depan rumahku, tepatnya di calon taman yang ga jadi-jadi diberesin, nongol tunas daun yang mirip semangka, aku juga diberi tahu oleh tetangga depan kalo itu pohon semangka.

Hahaha, secara tamannya memang ga jadi-jadi dan ga sempat ngurusin dan nyiram, eh, tetangga depan aku perhatikan sepertinya rajin nyiramin pokok semangka itu, kelihatan setiap sore tanahnya basah oleh air, ya cuma pohon semangka itu yang disiram…

Ditambah lagi dengan beberapa hari terakhir ini sering hujan di malam hari dan paginya matahari bersinar cerah, jadinya pohon semangka tersebut lebih giat tumbuhnya.

Akhirnya kalo ga salah ingat, 3 hari yang lalu saat mau berangkat kerja, aku perhatikan udah nongol 1 biji semangka mungil, selain masih banyak calon semangka yang masih berwujud bunga.

Aku memang sering asal buang biji tanaman dari semangka, pepaya, kelenglengkeng, jambu biji, alpukat, dll, di sembarang tempat, tanah kosong di sekitar rumahku. Dulu pernah tumbuh jambu bijinya, tapi dibersihkan sama tetangga, katanya nanti malah jadi bahan rebutan anak-anak kampung kalo udah berbuah. Ya, repot juga sih, rumahku kan belum dibuatin pagar sampai sekarang dan mungkin juga tidak akan dipagar sampai nanti.

Selain semangka, yang sudah sempat kami nikmati adalah beberapa tanaman sayuran yang aku tanam dan tumbuh sendiri yaitu sayur daun katu, enak banget kalau dilodeh gitu deh…, trus ada juga daun bayam yang tumbuh subur, saking suburnya waktu itu penuh halaman depan dengan tanaman bayam berdaun lebar-lebar, sampai ibu-ibu tetangga pada “iri” dan sering minta buat disayur atau dibuat kerupuk bayam. Dan, hmmm…tentu saja aku sangat berterimakasih, karena kan aku ga bisa manfaatin semuanya, dan enaknya lagi aku juga diberi kerupuk bayam yang lezat satu kaleng penuh, hehehe…

Memang sih ada cita-cita dari dulu buat kebun tanaman sayur dan buah kecil-kecilan selain tanaman bunga yang cantik-cantik tentunya. Tapi nunggu istri dan anak kembali ke pangkuanku aja deh…

hobby, livinginjogja, tanaman

Cerita tentang kegemaran baru, yang udah agak lama… :-)


Malam tadi aku bisa tidur nyenyak, meskipun baru selesai pertemuan yang melelahkan sampai jam 22. Hiiii, emang ga enak terlalu lama di luar rumah dalam suasana dingin. Enaknya emang langsung naik ke peraduan πŸ™‚ Bangun tidur, terus sholat subuh di masjid, eh…, ada tetangga yang ngomong ada beberapa kota/wilayah yang kebanjiran akibat hujan semalam. Innalillahi… semoga tidak ada korban jiwa, ya…

Memang banyak yang “mengutuk” hujannya. Kok hujannya ga tau musim sih….hehehe…ya, mau gimana lagi, wong, pada dasarnya kan itu sebenarnya akibat perbuatan penduduk bumi juga. Jadi jangan salahkan yang membuat hujan….

Tapi, alhamdulillah, pagi ini di Jogja kembali panas cerah, jadi impaslah….hahaha…
O, iya ini aku dapat kejutan, ga tau dari siapa (mungkin tetangga…). Kejutannnya, dua potong bibit aglaonema yang diselipkan di antara pot-pot tanaman punyaku. Mhhhh, what a surprise, kok “si pemberi” tahu ya aku suka aglaonema juga….hehehe, pasti dia liat tanaman aglaonemaku yang jelek-jelek, terus dia ngasih yang jenis lain yang lebih bagus….wah…wah..tenkyu ya.. (ga tau mo ngomong ke siapa….)

Hmm, ya, “memelihara” tanaman ini hobbyku semenjak nikah, ga tau kenapa kok bisa gitu….mmmhhh coba diingat-ingat…. O, iyah, waktu itu aku lagi bersih-bersih di belakang rumah, dan menemukan beberapa agloanema liar…wah, kok banyak banget ya, aku pikir sayang kalau dibuang. Terus aku pindahin ke depan, sebagian di tanam di pot. Ya lumayan lah, mengisi halaman yang gersang… πŸ™‚

Nah, sejak itu pula aku tertarik liat-liat pameran tanaman hias dan tanaman obat. Setiap ada kesempatan jalan-jalan atau nginap di tempat tertentu dan pas nemu tanaman yang menarik, aku usahakan untuk “meminta”-nya. Anehnya, kok tanaman-tanaman yang aku beli di pameran kok pada mati ya setelah aku pelihara…. 😦 malah yang gratisan dari nyomot/minta bisa bertahan dan berkembang biak. Klo aku itung-itung ada banyak yang mati: ada Rosemary yang wanginya khas itu (mmmm….ini tanaman termahal yang aku beli…), ada Lavender (pengusir nyamuk itu….)…, apa digigit ama nyamuk ya? hehehe, ada mawar (berduri) yang aku beli di pasar ama pedagang kembang….emang susah ya kayaknya melihara mawar, terus ada jenis beberapa jenis pinus yang antik daunnya, ah lupa….apa lagi yang mati ya…. o, iya, tanaman strawberry pemberian temanku….di mana ya bisa cari lagi bibit strawberry??

Klo yang masih hidup sih (sebagian besar yang ga dibeli) ada banyak juga, di antaranya ya…, aglaonema-aglaonema itu (kapan ya bisa dapat koleksi yang mahal-mahal itu….), beberapa jenis jeruk, bunga melati (mmhhh, ini dia nih yang wanginya paling menyolok pas berbunga, terutama di malam hari….segerrr…), bunga sedap malam (setengah mati mempertahankan tanaman idamanku yang satu ini, padahal pas beli dulu, bunganya pada mekar dan wangi…tapi sekarang susah amat berbunganya…kapan ya dikau berbunga…??), tanaman kumis kucing (hehehe, mengingatkan dengan Bapakku yang suka menanam tanaman obat ini), tanaman kencur (pengen nyari tanaman kencur yang daunnya bisa dijadikan lalap), lidah buaya (tanaman peninggalan nih), tanaman buah naga yang setengah mati juga mempertahankannya (ga boleh banyak air nih…) dan beberapa tanaman lain yang aku ga tau namanya….kayaknya ntar setiap pot dan tanaman perlu di kasih tag nama ya, biar bisa ingat gitu…hehehe…

Ohh, bungaku…mekarlah dirimu….oh tanamanku…janganlah dikau mati… πŸ™‚
***Hii… tadi pagi sempat mergokin ular sembunyi di bawah pot bungaku (kayaknya lagi ngincer si kodok), maaf ya, aku pateni (matikan) kamu…***

Boleh dong teman-teman MP nyumbang tanamannya untukku…hehehe….

Pic di atas buka aglaonemaku :-b, di ambil di http://agloindonesia.com/newsimages/X_WMN_Cat6.jpg

hobby, tanaman

Cerita tentang kegemaran baru, yang udah agak lama… :-)


Malam tadi aku bisa tidur nyenyak, meskipun baru selesai pertemuan yang melelahkan sampai jam 22. Hiiii, emang ga enak terlalu lama di luar rumah dalam suasana dingin. Enaknya emang langsung naik ke peraduan πŸ™‚ Bangun tidur, terus sholat subuh di masjid, eh…, ada tetangga yang ngomong ada beberapa kota/wilayah yang kebanjiran akibat hujan semalam. Innalillahi… semoga tidak ada korban jiwa, ya…

Memang banyak yang "mengutuk" hujannya. Kok hujannya ga tau musim sih….hehehe…ya, mau gimana lagi, wong, pada dasarnya kan itu sebenarnya akibat perbuatan penduduk bumi juga. Jadi jangan salahkan yang membuat hujan….

Tapi, alhamdulillah, pagi ini di Jogja kembali panas cerah, jadi impaslah….hahaha…
O, iya ini aku dapat kejutan, ga tau dari siapa (mungkin tetangga…). Kejutannnya, dua potong bibit aglaonema yang diselipkan di antara pot-pot tanaman punyaku. Mhhhh, what a surprise, kok "si pemberi" tahu ya aku suka aglaonema juga….hehehe, pasti dia liat tanaman aglaonemaku yang jelek-jelek, terus dia ngasih yang jenis lain yang lebih bagus….wah…wah..tenkyu ya.. (ga tau mo ngomong ke siapa….)

Hmm, ya, "memelihara" tanaman ini hobbyku semenjak nikah, ga tau kenapa kok bisa gitu….mmmhhh coba diingat-ingat…. O, iyah, waktu itu aku lagi bersih-bersih di belakang rumah, dan menemukan beberapa agloanema liar…wah, kok banyak banget ya, aku pikir sayang kalau dibuang. Terus aku pindahin ke depan, sebagian di tanam di pot. Ya lumayan lah, mengisi halaman yang gersang… πŸ™‚

Nah, sejak itu pula aku tertarik liat-liat pameran tanaman hias dan tanaman obat. Setiap ada kesempatan jalan-jalan atau nginap di tempat tertentu dan pas nemu tanaman yang menarik, aku usahakan untuk "meminta"-nya. Anehnya, kok tanaman-tanaman yang aku beli di pameran kok pada mati ya setelah aku pelihara…. 😦 malah yang gratisan dari nyomot/minta bisa bertahan dan berkembang biak. Klo aku itung-itung ada banyak yang mati: ada Rosemary yang wanginya khas itu (mmmm….ini tanaman termahal yang aku beli…), ada Lavender (pengusir nyamuk itu….)…, apa digigit ama nyamuk ya? hehehe, ada mawar (berduri) yang aku beli di pasar ama pedagang kembang….emang susah ya kayaknya melihara mawar, terus ada jenis beberapa jenis pinus yang antik daunnya, ah lupa….apa lagi yang mati ya…. o, iya, tanaman strawberry pemberian temanku….di mana ya bisa cari lagi bibit strawberry??

Klo yang masih hidup sih (sebagian besar yang ga dibeli) ada banyak juga, di antaranya ya…, aglaonema-aglaonema itu (kapan ya bisa dapat koleksi yang mahal-mahal itu….), beberapa jenis jeruk, bunga melati (mmhhh, ini dia nih yang wanginya paling menyolok pas berbunga, terutama di malam hari….segerrr…), bunga sedap malam (setengah mati mempertahankan tanaman idamanku yang satu ini, padahal pas beli dulu, bunganya pada mekar dan wangi…tapi sekarang susah amat berbunganya…kapan ya dikau berbunga…??), tanaman kumis kucing (hehehe, mengingatkan dengan Bapakku yang suka menanam tanaman obat ini), tanaman kencur (pengen nyari tanaman kencur yang daunnya bisa dijadikan lalap), lidah buaya (tanaman peninggalan nih), tanaman buah naga yang setengah mati juga mempertahankannya (ga boleh banyak air nih…) dan beberapa tanaman lain yang aku ga tau namanya….kayaknya ntar setiap pot dan tanaman perlu di kasih tag nama ya, biar bisa ingat gitu…hehehe…

Ohh, bungaku…mekarlah dirimu….oh tanamanku…janganlah dikau mati… πŸ™‚
***Hii… tadi pagi sempat mergokin ular sembunyi di bawah pot bungaku (kayaknya lagi ngincer si kodok), maaf ya, aku pateni (matikan) kamu…***

Boleh dong teman-teman MP nyumbang tanamannya untukku…hehehe….

Pic di atas buka aglaonemaku :-b, di ambil di http://agloindonesia.com/newsimages/X_WMN_Cat6.jpg