WidodoWirawan.Com

Stetosklip Alternatif

6 Komentar


Kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar turut berimbas pada kebutuhan orang tua yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran. Ditambah lagi dengan situasi sulitnya mendapatkan asesoris pelengkap bagi alat bantu dengar mereka. Cukup banyak orang tua yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan perangkat pendukung tersebut. Salah satunya stetosklip yang berfungsi untuk memeriksa hearing aids/alat bantu dengar/ABD anaknya secara rutin.

Buat para orang tua yang kesulitan mendapatkan stetosklip untuk memeriksa hearing aids anaknya, bisa mencoba alternatif dengan menggunakan stetoskop murah yang bisa dibeli di toko-toko penjual peralatan medis. Kisaran harga stetoskop murah ini 20 ribu-50 ribu. Saya sendiri sudah mencoba dengan stetosklip dengan harga 35 ribu. Hasil yang di dapat lebih bagus dari stetosklip yang harganya lebih mahal dari harga stetosklip modifikasi ini. Bahkan stetosklip modifikasi ini masih bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri kepada anak-anak kita ketika mengalami sakit yang memerlukan pemeriksaan secara mandiri oleh orang tua sebelum dibawa ke dokter.

Untuk dapat menggunakan stetoskop sebagai stetosklip alternatif, caranya:
– Lepaskan chest piece (nomor 1) dari tubing stestoskop (nomor 2).
– Lepaskan earmold dari tubing hearing aids (nomor 3). Bisa juga earmold tidak dilepaskan, namun ujung earlmold tidak pas dengan ukuran lubang tubing stetoskop.
– Untuk mulai mendengarkan dan memeriksa fungsi hearing aids, masukkan tubing hearing aids pada lubang tubing stetoskop (nomor 4), pasang kedua ear pieces stetoskop di telinga untuk mendengarkan.
– Bila suara hearing aids yang didengar melalui stetoskop ini masih terlalu keras bagi telinga orang tua, dapat ditambahkan peredam berupa kasa atau kapas yang ditutupkan pada kedua ear pieces stetoskop.

 

klik gambar untuk memperbesar

Iklan

6 thoughts on “Stetosklip Alternatif

  1. stetoskop jadi stetosklip.. suaranya bisa bervolume kan?

  2. Apa kbr pak Widodo n gmn kbr Nadif……..oh yaaa kl ank dengan gangguan pendengaran sprti Nadif itu pke ADB apa?? Ank saya juga ada rencana mau sekolah di karyamanohara cm kok msh gak tega umur 14 bln hrs berpisah sm ke 2 ortunya,sedangkan kami tinggal di purwokerto….

    • Alhamdulillah kabar saya baik Pak Yon. Nadifa kebetulan sedang flu. Anak saya mengenakan ABD jenis ultra power 6 channel dari Phonak Pak. Usia seanak Bapak dimulai dari terapi-terapi mendengar di rumah pak bila sudah memakai ABD. Ada panduannya di web choclear.com

  3. salam kenal pak…saya mau tanya tempat service ABD merk Phonax dimana ya karna anak saya jg pakai ABD phonax sebelah kanan Phonax Naida S IX up dan kiri Phonak Solana Sp.
    ditempat saya tinggl gak terima service phonak yg ada ABDI tapi mereka sekarng jual merk lain .
    jadi saya bingung,apa perlu fitting ulang lagi?krn kebanyakan orang tua anak saya bilang kalo alat mereka harus fitting ulang 6bln sekali.
    terima kasih dan salam kenal

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s