Diposkan pada android, blacberry, gadget

Nikmatnya Hijrah BB Messenger dari Blackberry ke Android


Momentum diluncurkan Blackberry Messenger a.k.a. BBM oleh RIM Blackberry ke Playstore Android dan AppStore Apple beberapa hari lalu menjadikan saya ikut-ikutan mengaktifkan BBM saya di Android.

Meski di awal sedikit bingung dengan cara registrasi yang ribet yaitu dengan masuknya email yang saya daftarkan ke dalam daftar tunggu, namun akhirnya berhasil juga. Meski ada cara lain yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan ID Blackberry kita atau ada cara “curang” sehingga tidak perlu masuk daftar tunggu, silakan di google caranya, hehe.

Saya juga menemukan dan membaca perihal artikel-artikel online mengenai migrasi (lebih tepatnya diversifikasi, membuang eksklusifitas) BBM ke Android dan IOS/Iphone. Meskipun BBM untuk Android ini belum sempurna seperti belum ada menu untuk menambahkan klasifikasi kontak BBM, menu ekspor/impor kontak, dan fasilitas voice call. Namun fungsi dasarnya sudah sangat cukup untuk ber-BBM secara normal. Beberapa kali di perangkat Android saya, aplikasi BBM-nya close mendadak, tapi tidak hang, atau timbul jam pasir kayak di BB, hehe… tapi itu tidak terlalu menggangu, namanya juga masih versi-versi awal. Mudah-mudahan BBM untuk selain Blackberry bukan semacam jebakan bagi user, seperti dipaksa untuk akhirnya membayar aplikasi tersebut. Meski pun saya baca ada niat dari RIM Blackberry untuk memonetisasi BBM versi Android dan IOS-nya. Yah, wait and see saja.

Yang jelas ada kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan dengan BBM di perangkat Android itu.

Kelebihannya:
– Jelas lebih cepat dan murah untuk spek henset Android yang minimal, misalnya merek henset Android apa pun bisa dipasang BBM asal sudah versi ICS (Ice Cream Sandwich), minimal. Namun ternyata masih ada laporan dari teman-teman yang mendapatkan peringatan bahwa perangkat Android-nya tidak kompatibel alias tidak bisa dipasang BBM, meski pun spek dan syarat versi-nya sudah terpenuhi. Untuk itu saya coba carikan solusi, ketemulah file instalasi BBM yang sudah dimodifikasi untuk perangkat yang dikatakan oleh Playstore tidak kompatibel. Bisa download di https://widodowirawan.com/file/bbm.apk

Sudah ada yang coba pasang file BBM hasil modifikasi itu, dan berhasil, hanya dengan menggunakan perangkat Android seharga kurang dari 1 juta rupiah.

Lebih cepatnya itu juga karena Android sangat jarang mengalami hang, kalau lambat pun, tidak akan ada jam pasir atau pakai acara copot baterai seperti di BB, cukup melakukan bersih-bersih dengan aplikasi yang banyak tersebar di Playstore. Saya pun tidak khawatir dengan jumlah grup dan kontak yang lebih banyak dibandingkan dengan BB saya yang sebenarnya juga masih OK banget kinerjanya, karena hanya saya minimalkan aplikasinya untuk BBM dan Push Email. Tipe BB saya Huron 8830, yang dulu saya beli seharga 750 ribu, dan konon bekasnya saja ga sampai angka 400 ribu, bahkan mungkin sudah tidak laku dijual, hahaha. Tapi boleh dibandingkan kebandelannya dengan BB canggih sekali pun, karena saya termasuk rajin melakukan perawatan BB saya itu (meski BB ini sudah pernah berenang di air), ya bukan perawatan fisik sih, karena itu BB juga sudah retak casing-nya di sana-sini. Tapi pemeliharaan jumlah memori, bila sudah timbul jam pasir satu kali saja, maka saya restart pake aplikasi, jadi ga perlu copot baterai. Copot baterai terpaksa dilakukan bila BB benar-benar freeze alias hang. Tidak ada jalan lain, karena dengan soft restart dengan tombol kombinasi ALT + Right CapsLock + DEL pun tidak mempan. Karena menurut saya fungsi dasar BB itu selain buat telepon dan SMS, ya buat BBM dan Push Email tadi. Saya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga di BB yang banyak digunakan oleh orang seperti Whatsapp, Yahoo Messenger, Picture Editor seperti PicMix dkk, dan aplikasi alay lainnya yang akan sangat memberatkan kerja BB itu sendiri. Browsing dan Streaming di BB apalagi, sudah lama tidak saya gunakan. Karena hitungannya hanya buang-buang duit dengan harga paket yang mahal.

– Jelas lebih murah, karena di Android, cukup membayar paket internet unlimited yang harganya tidak sampai 50 ribu rupiah, dan saya sudah dapat paket full service seperti di BB.

– Jelas meringankan, karena ga perlu lagi banyak-banyak bawa perangkat henset, ya maklum saja, beberapa teman masih ada yang bersikukuh bertahan di BB, jadi saya harus mengalah sedikit. Tapi dengan adanya BBM untuk Android ini, tidak ada alasan itu lagi, cukup bawa 1 perangkat saja di saku. Bahkan Android zaman sekarang itu fungsinya sudah sangat bisa menggantikan komputer atau laptop. Semuanya bisa kita lakukan dengan 1 perangkat saja. Keuntungan tambahan yang didapatkan misalnya: saya tidak akan sering lupa lagi, meninggalkan henset saya (sebenarnya kececeren) di toilet, di tempat kerja, di parkiran dan sebagainya, karena banyaknya perangkat yang harus dibawa. Kebetulan juga Android saya punya spek yang bagus dengan sistem dual CDMA dan GSM, sudah sangat cukup, baterainya juga sudah powerfull, kalau pun terpaksa, tinggal bawa Power Bank ukuran kecil buat cadangan baterai. Jauh lebih simpel.

Kekurangannya cuma satu menggunakan BBM di Android, itu mungkin hanya menurut saya sih… karena saya juga sudah nyaman dengan BB kuno saya itu dengan keypad fisiknya yang empuk dan smooth untuk mengarang indah atau cit-cat berjam-jam dengan teman-teman. Di sistem Android masih jarang perangkat yang menyertakan keypad fisik. Meski katanya nanti di masa datang akan ada keypad jenis taktil yang akan muncul otomatis di bawah layar sentuhnya, hebat ya… Untuk urusan keypad layar sentuh ini saya siasati dengan memasang keypad qwerty layar sentuh super besar sehingga jari dan mata saya lebih nyaman, dan mengetik jadi lebih cepat dan minim kesalahan.

Sekian aja ya, ini mungkin hanya jadi tulisan tunggal saya di bulan Oktober, banyak ide sih, tapi karena mood-nya hari ini yang dipicu oleh euforia diversifikasi BBM ini, ya dipaksa juga buat menulis di sela-sela kesibukan mikir dan mengerjakan yang lain. Selamat meninggalkan Blackberry Anda. Menjadikan perangkat BB Anda sebagai ganjal pintu, akan membantu mendobrak kapitalis RIM Blackberry yang sudah lama menjajah Indonesia 😀

Note: O, iya, dulu saya pelit ngasih PIN BBM karena saya cuma pakai BB jadul yang rawan hang, nah sekarang bolehlah kita uji kehandalan BBM di Android ini dengan “kerelaan” mengumbar PIN BBM Android saya, ini 75338F84.

12 tanggapan untuk “Nikmatnya Hijrah BB Messenger dari Blackberry ke Android

  1. saya juga sudah menonaktifkan paket di bb saya setelah menggunakan bb di ios. tapi bb nya masih di pake sih buat sms sama nelpon karena sayang nomornya.. hahahahahha

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.