curhat, kesehatan, rokok, tips

NgeRokok lageee…


Nyempati belanja ke Indogrosir tadi, lalu mampir ke food court, wah penuh banget ga seperti biasa, banyak bisnismen lagi miting sambil makan kayaknya. Pesan stik ayam 2 buah untuk makan siang di rumah. Eh, kok nunggunya lumayan lamaaaa.

Ya, udah, mulai jelalatan memperhatikan orang-orang yang pada makan. Eh, ada cewek cantik bareng teman-teman cowoknya lagi makan. Seorang cowok ngeluarin laptop mini sambil makan dan menghisap rokok. Kayaknya bicara tentang kerja kantor, kelihatan program yang dibuka MS Word. Awalnya sih cuma memperhatikan yang pake laptop aja, aku kira food courtnya udah ada wifi, eh ternyata belum, hehehe.

Bolak-balik ke luar lihat troliku, masih ada ato engga, soale isinya lumayan berharga: minuman galon, pepaya, jeruk, jambu klutuk merah (rencana buat kudapan Ifa). Balik lagi ke konter makanan pesananku, eh kok belum jadi juga. Keburu masuk nih… 😦 mana udah laper juga…

Pelirak-pelirik lagi…, walah, kok si cewek yang tadi ternyata njepit rokok juga di jarinya, cuma agak gimana-gimana gitu, rada maluw kali ya… πŸ™‚ Wah baru saja habis makan dia, terus ngerokok gitu, pasti nikmat kali (menurutnya…)

Inilah salah satu emansipasi wanita saat ini, hehehe… OK lah, mudah-mudahan dia segera sadar ga ngerokok lagi. (Pesanku udah jadi, langsung cabut deh…)

Bagi teman-teman yang masih merokok, mari renungkan lagi pesan berikut ini,

Bukti akibat rokok:
– penyebab kematian terbesar didunia, yang sebetulnya dapat dicegah
– 4,9 juta orang meninggal akibat rokok th 2000, tahun 2009 udah berapa ya…
– Indonesia urutan 5 konsumsi rokok terbesar di dunia
– Total perokok di Indonesia kira-kira 62.800.000 orang (bisa dibayangkan berapa jumlah uang yang dibakar…)
– 70% perokok mulai sebelum usia 19 th

Penyakit akibatΒ  rokok:
– gangguan pernapasan (belum tua udah bengek…)
– penyakit paru-paru (parunya penuh dengan bercak…)
– penyakit jantung (mati mendadak…)
– kanker (mati perlahan…)
– caries (napas bau, gigi ambrol…)
– penyakit lambung (mirip-mirip penyakit maag…)
– gangguan sexual (letoy deh…)
– gangguan pada ibu hamil (apalagi bayinya…kasihan dong…)

keuntungan berhenti merokok (beberapa poin juga dirasakan oleh pasienku):
– dalam waktu singkat, tekanan darah, nadi kembali normal dan napas lebih lega
– dalam beberapa hari, CO2 dieliminasi dari tubuh, nikotin sudah tidak terdeteksi di tubuh
– dalam beberapa minggu, sirkulasi darah tubuh membaik
– dalam beberapa bulan, gangguan pernapasan turun
– dalam beberapa tahun, setelah 5 tahun resiko serangan jantung turun 50% dan setelah 10 tahun resiko Ca paru turun 50%
– badan menjadi lebih fit
– penelitian terbaru menyebutkan tidak bermakna jika hanya mengurangi dosis merokok, tapi tetap harus menghentikan secara total

”MATIKAN ROKOK SEBELUM ROKOK MEMATIKAN KITA”

Note: Berhenti merokok itu hanya masalah niat…

pic dari sini dan sini


Iklan

44 tanggapan untuk “NgeRokok lageee…”

  1. wallahua'lam… πŸ™‚

    bisa iya bisa tidak. Klo iya pun asli gambarnya, belum tentu rokoknya dihisap dia, mungkin cuma megangin doang (hehe, berbaik sangka aja…baru cuma bisa dapat ilustrasi yang ini)

    Apa kita tanya om Roy Suryo aja? πŸ˜€

  2. aih…ga gitu juga sih do….p
    banyak kok di budaya lokal tertentu, perempuan merokok sejak dahulu kala. Kalo nyari sebab juga ga berujung soal emansipasi tapi soal gaya hidup dan pengaruh peer group (untuk pelajar). Tetapi toh tetap aja merokok (baik oleh cewek ato cowok) tetep aja buruk kan? akibatnya juga sama kok..jadi stop merokok untuk semua he..he.. pa lagi kalo anak anak. Punya balita neh..jadi pengen marah kalo ada ngerokok sembarangan ditempat umum.

  3. ya, sesuailah mas, apa-apa yang nikmat itu biasanya akibat belakangnya akan menyakitkan. Makan sering enak, belakangnya juga sakit diabetes, kolesterol tinggi, jantung. Rokok itu nikmat, belakangnya juga bakal sengsaralah, setimpallah… πŸ˜‰

  4. bukan fakta yang membuat perokok taubat, tapi penegakan hukum atau pemaksaan serta terapi supaya berhenti. Wong sudah jelas rokok itu salah satu Narkoba, salah satu zatnya membuat ketergantungan dan turut berkontribusi melepaskan semacam morfin alamiah dalam tubuh kita secara serampangan… jadi mana bisa berhenti, klo ga dipaksa atau diterapi.

  5. hehe, smoker juga? :-b, oya, socially..ya… πŸ™‚

    So, you will be quit after they hit you down…hehe

    and just only regret will be staying…

    berikut buktinya:
    Tetanggaku di depan berhenti mendadak setelah dia kena stroke, tetangga kanan rumah juga berhenti mendadak setelah divonis sakit jantung dan harus dipasang stent/ring, tetangga yang agak jauh dikit meninggal mendadak serangan jantung sebelum sempat menghentikan rokok, tapi ya kan akhirnya berhenti juga karena sudah mati, amat sayang dia meninggalkan hanya seorang istri yang masih muda tanpa seorang anak pun dengan harta kekayaan yang melimpah, di Jogja aja ada 6 biji rumahnya segede istana.

    Dan, sialnya Bapakku sendiri yang dari sebelum SD/SR sudah merokok, ya mendadak berhenti merokok juga setelah diketahui pembuluh darah kepalanya ada sumbatan dan sedikit infark/mati jaringan otak…

    Cigarettes give counterfeit pleasure to your, and then please read my speech here http://subhanallahu.multiply.com/journal/item/99

    Ah, pasti ga mau baca, hahaha…

  6. hehe, udah aku liat, ya susah mba klo udah adiksi/ketagihan (makanya aku katakan sebenarnya rokok juga narkoba), harus dibantu dengan terapi/berobat deh… kan udah ada sekarang tuh… yang penting lebih baik menyesal di depan deh daripada belakangan, hehe…

    eh, sekalian izin kopi gambarnya yak, di Indo kok belum seseram ini warning-nya yah…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.