WidodoWirawan.Com

Dada tertembus pecahan kaca botol

29 Komentar


Tanggal 25 Desember, seorang wanita tua yang malang. Lagi enak-enaknya bekerja ditendang sama seekor sapi, lalu jatuh terjerembab dengan posisi tertelungkup. Sudah takdirnya ada pecahan botol minyak tanah sudah menunggu, menembus dada kanannya dan mengenai lapisan paru-parunya.

Di UGD, pasien dalam keadaan sadar namun kelihatan pucat dan merintih kesakitan, dari lukanya sekali-kali terlihat dan terdengar hembusan udara, tanda telah terjadi pneumothoraks terbuka.

Dilakukan penjahitan untuk menutup luka, meminimalisasi perdarahan, dan mempertahankan tekanan negatif rongga dada. Namun ini bersifat sementara karena selanjutnya akan terjadi pneumothoraks tertutup. Namun sifatnya jauh lebih ringan dan lebih mudah untuk diatasi.

Pasien lalu difoto sinar X, ternyata rongga dada kanannya sudah penuh dengan cairan darah, sehingga terjadi juga keadaan yang disebut sebagai hematothoraks, keadaan yang lebih berbahaya karena ada dugaan kerusakan organ bagian dalam.

Diputuskan untuk merujuk pasien untuk mendapatkan penanganan lebih adekuat.
Semoga selamat ya mbah…

Iklan

29 thoughts on “Dada tertembus pecahan kaca botol

  1. Iîh gak tega ngeliatnya..
    *makanya no images..

  2. merinding…mudah2an si mbah diberi yang terbaik..amiiin…

  3. Ya Allah ..
    Semoga diberi kekuatan sama nenek yg tegar ini..
    Trus gimana itu darah di paru2 ya dok?

  4. Yah, ada-ada saja.
    Semoga dia cepet sembuh.

  5. Astaghfirullohal adzim…kenapa juga postingan ini dibuka -_-

  6. Amin.
    Pertanyaan yg sama dg diatas, gimana dok?

  7. untung liat via hape jadi ga bgeto jelas. Moga lekas sembuh n ga apa2 lukanya.

  8. Amin….
    Semoga selamat.
    *Untung mau lihat smalam gak jadi*

  9. yang hitam di sebelah kanan itu darah?
    akibat perkelahian memakai pecahan botol?

  10. dilihat sambil pejam mata sebelah ga pa- pa kok… 🙂

  11. Aamiien…

    Iya, klo perdarahannya ga dihentikan, paru-paru bisa terhambat pengembangannya alias pasien bisa sesak napas dan meninggal, selain itu perdarahan yang banyak bisa membuat syok alias tekanan darah turun drastis, ya bisa gawat juga… kemarin saat datang tekanan darah 75/50 mm air raksa, sudah distabilkan menjadi 120/80 mm air raksa dan bersifat sementara dengan 2 jalur infus itu…

  12. Iya, Pak, saya dengar cerita dari keluarganya, geleng-geleng kepala…

  13. Aaamiin… ga pa pa kan, lumayan… zikrul maut…

  14. Saya belum follow up lagi tentang kondisi beliau Pak karena sudah sudah di kirim ke RS rujukan pusat, biasanya nanti ada informasi/feedback dari RS itu…

  15. Aamiin…. makasih udah melototin Mas….

  16. Hehe… lah kenapa klo tadi malam?

  17. Sisi kanan dari film rontgen di sini adalah bagian kiri kita bila dilihat dari monitor komputer OT, jadi gambaran genangan darah adalah yang berwarna putih merata seperti asap itu, sedang gambaran hitam di sisi kiri itu adalah gambaran paru-parunya masih normal

    Bukan perkelahian, tapi kebetulan aja ada pecahan botol kaca di situ…

  18. ups maaf. aku baru baca ceritanya. ternyata kecelakaan toh.

  19. Ih, lagi-lagi menyeramkan.

    Mentang-mentang sitenya seorang dokter jadi bikin nenek-nenek ngeri hiiiiii……….

    Barakallah, dok, semoga makin sukses dalam kariernya karena banyak pengalaman nolong orang dengan segala musibahnya.

  20. hehe, mudah-mudahan bisa diambil hikmahnya Bu. Saya belajar mulai mendokumentasikan kegiatan kerja medis saya secara praktis, biar ga lupa entar klo udah jarang praktik…

  21. * nyodorin obat mules

    klo ga mempan segera ke toilet mba :-b

  22. Om Wid, potonya serem2 banget sich. Ga ada gt poto wanita yg trkena tusukan “benda tumpul” haha…
    *paham kan mksud saya hehe..

  23. Nakal banget si sapi..

    Semoga si mbah cepet sembuuh..

  24. @ mas Dedy: ketusuk benda tumpul? o, banyak juga itu kasusnya yang aku temui, cuma sayanga aja klo di-share pic-nya, cukuplah aku nikmati sendiri :-b

    @ mba Tutuq: si sapi kan menjalankan kebiasaannya saja, suka nendang apa yang ada dibelakangnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s