WidodoWirawan.Com

Blog Keren Profesor Muda, penuh dengan ilmu obat-obatan

16 Komentar


http://zulliesikawati.wordpress.com/about-me/

Tadi aku browsing tentang obat-obat psikotropik (http://id.wikipedia.org/wiki/Psikotropika) karena lagi kesel alias gusar belum mendapatkan tambahan obat dari resepku sendiri di beberapa apotek di sekitar rumah. Memang susah karena dibatasi. Apotek pada bilang obatnya ga ada. Ga tahu, ga ada itu maksudnya membohongi apa karena memang aku butuh banyak atau karena sediaannya generik, entahlah. Tapi memang obat-obatan tersebut masuk kategori keras dan beredar terbatas, karena bisa disalahgunakan.

Nah, dari iseng itu malah ketemu blog keren seorang profesor muda dari UGM dan aku belum pernah ketemu orangnya. Isi blognya luar biasa, banyak ilmunya deh…

Ini aku kutipkan profil beliau dari blognya sendiri.

Nama saya Zullies Ikawati. Saya lahir di Purwokerto. Masa kecil sampai remaja saya habiskan di Purwokerto, di SD Santa Maria, SMP Negeri 1, dan SMA Negeri 1 Purwokerto. Meraih gelar S1 di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1992, di tempat yang sama, saya meraih gelar apoteker pada tahun 1993. Sejak itu, saya bergabung di almamater sebagai staf pengajar hingga sekarang. Gelar doktor saya peroleh tahun 2001 dari Ehime University School of Medicine Japan di bidang Farmakologi. Mulai 1 Oktober 2008, saya berhak menyandang gelar Guru Besar alias Profesor di bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik (begitu bunyi SK-nya). Sebuah cita-cita kecil untuk menjadi profesor pada usia 40 tahun telah tercapai, alhamdulillah….

Saat ini saya masih aktif mengajar beberapa mata kuliah di Fakultas Farmasi UGM baik di tingkat S1, S2, maupun S3, seperti Farmakologi Dasar, Farmakologi Molekuler, Farmakoterapi Sistem Saraf, Farmakoterapi Sistem Pernafasan, dan Farmasi Klinik; serta membimbing skripsi, thesis dan disertasi mahasiswa S1, S2 dan S3. Saya juga (pernah) mengajar di Fakultas Farmasi beberapa universitas swasta, antara lain Universitas Islam Indonesia (UII) Yogya, Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS), Universitas Setia Budi Surakarta, STIFAR dan Universitas Wahid Hasyim di Semarang.

Periode ini saya menjadi Pengelola Program Pendidikan S2 Magister Farmasi Klinik di Fakultas Farmasi UGM (silakan kunjungi http://mfk.farmasi.ugm.ac.id ). Di sela-sela kesibukan tadi, saya mencoba menyusun buku (lihat halaman My books). Buku pertama saya yang berjudul “Pengantar Farmakologi Molekuler” telah diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press tahun 2006, dan telah dicetak ulang tahun 2008. Buku kedua yaitu “Farmakoterapi Penyakit Sistem Pernafasan” diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Adipura Yogyakarta pada tahun 2007. Buku ketiga tentang ”Bahaya Alkohol dan Cara Mencegah Kecanduannya “ yang ditulis bersama Hartati Nurwijaya telah diterbitkan oleh Penerbit Elexmedia Computindo bulan Oktober 2009, mudah-mudahan dapat diterima oleh masyarakat luas. Buku keempat dan lima yang masing-masing berjudul “Cerdas Mengenali Obat” dan “Resep Hidup Sehat” sudah diterbitkan PT Kanisius pada tahun 2010 ini. Buku ke-enam yang berjudul “Farmakoterapi Penyakit Sistem Syaraf” sedang dalam proses penerbitan oleh PT Pustaka Adipura, Yogyakarta. Semoga bisa segera dinikmati.

Iklan

16 thoughts on “Blog Keren Profesor Muda, penuh dengan ilmu obat-obatan

  1. kereeennn,
    *sambil liat KTP*

    udah pernah baca salah satu tulisan beliau tentang bedanya pilek dan flu yang dikutip salah satu MPer..

  2. Tulisan beliau tentang puyer juga OK loh:

    Dulu aku pernah posting tentang puyer, jadi polemik hebat, hahaha…

    flashback: http://subhanallahu.multiply.com/journal/item/92 (Kampanye No Puyer, Menyesatkan!)

    ini pendapat beliau tentang puyer: http://zulliesikawati.wordpress.com/?s=puyer

  3. Duh pak dokter, terima kasih ya atas kebaikannya menularkan pengetahuan mengenai blog yang bermanfaat ini. Barakallah!

  4. Sudah saya tengok linknya yang tentang puyer. We lha kok sekali merangkuh dayung dua-tiga pulau terlampaui. Sebab ternyata bergandengan dengan blognya mengenai asma yang kebetulan juga sangat sesuai untuk keluarga saya.

    Sekali lagi terima kasih ya kang dokter sing pinter!

  5. Wah, iya.. bener, mas Wid, blog beliau bermanfaat banget. Bisa-bisa mulai malam ini saya habiskan waktu membaca postingannya.
    Thanks, nice info.

  6. beliau yang memberi materi pelatihan penulisan untuk publikasi di jurnal internasional, Do,.. training berkala yang diselenggarakan LPPM UGM

  7. kayaknya saya susah deh ngikutin ini, hehehe

  8. Terimakasih Pak Dokter atas link-nya. Ke-profesor-an beliau di usia muda, jadi memacu semangat saya untuk lebih rajin dan konsisten mengurus kepangkatan akademik. Thanks:)

  9. O, ya…?
    Gimana? memang bagus?

  10. Iya,… sangat berpengalaman, banyak memberikan petunjuk praktis, dan sangat terbuka jika kapan saja kita ingin berkonsultasi. Tulisan beliau memang “bertebaran” di berbagai jurnal internasional yang berkaitan dengan ilmu farmasi dan farmakologi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s