dokter, penyakit

Percobaan bunuh diri setengah hati


Ini menyambung dari QN-ku di http://subhanallahu.multiply.com/notes/item/56

Tentang percobaan bunuh diri setengah hati seorang perempuan muda, tadi malam jam 12 aku ikut nyelonong ke kamar operasi untuk melihat langsung dan pengen tahu cara melakukan repair terhadap tendon (jaringan elastis penghubung otot dan tulang untuk menghasilkan pergerakan) yang putus.

Jadi kalau tendon tersebut cedera atau bahkan putus akan terjadi gangguan gerak sampai lumpuh.

Kebetulan pada kasus percobaan bunuh diri ini yang putus cuma satu tendon, yaitu yang menghubungkan otot lengan bawah bagian dalam dengan struktur tulang di pergelangan tangan untuk pergerakan fleksi/menekuk. Sementara fungsi pergerakan semua jari masih normal karena tidak ada tendon dan persarafan yang cedera.

Karena tendon bersifat hampir avaskuler (miskin bahkan tidak ada pembuluh darah), maka penyembuhan akan sangat lama, minimal 1 bulan, dan selama itu persendian yang mengalami cedera harus diistirahatkan.

Mudah-mudahan pasien itu bertaubat setelah kasus percobaan yang paling parah ini, karena dari bekas-bekas luka sebelumnya tidak menunjukkan tingkat fatalitas yang tinggi, cuma tersayat permukaan kulit saja.

Iklan

119 tanggapan untuk “Percobaan bunuh diri setengah hati”

  1. Tendon is tough yet flexible band of fibrous tissue. The tendon is the structure in your body that connects a muscle to a bone.

    The skeletal muscles in your body are responsible for moving your joints, thus enabling you to walk, jump, lift, and move in many ways. When a muscle contracts, it pulls on a bone to cause this movement. The structure that transmits the force of the muscle contraction to the bone is called a tendon.

    A tendon (or sinew) is a tough band of fibrous connective tissue that usually connects muscle to bone and is capable of withstanding tension. Tendons are similar to ligaments and fasciae as they are all made of collagen except that ligaments join one bone to another bone, and fascia connect muscles to other muscles. Tendons and muscles work together and can only exert a pulling force.

  2. ah, saya yakin dia cuma lihat sebentar sesaat sebelum menyayat kulitnya mba, hehe. ngakunya sih kena pecahan piring saat mencuci piring :-b

    hehe, dan sama dokter bedah tadi malam malah diajarin cara bunuh diri yang serius πŸ˜€

  3. dokter bedahnya bilang, biar dia/mba itu ingat, karena sayatan yang dia buat hanya berbentuk garis lurus, nah ini oleh dokter bedahnya dibuat jadi berbentuk T, inisial nama dokternya, huahaha…

  4. mudah2an setelah ini banyak hikmah yang dia dapat dari peristiwa ini… pastinya berat banget ngejalanin kegiatan sehari2 dengan lengan seperti ini… lha wong aku aja yang jempol hampir putus doang, pasca dijahit mandi sama pake bh aja susah benerrrr :p

    cemangat ya sist!
    jangan bunuh diri lagiii!

  5. bisa jadi mba, tendon fungsinya cuma menarik, jadi klo ada yang rusak biasanya bagian yang dihubungkan oleh tendon itu malah jadi lunglai atau menekuk ke arah yang berlawanan atau ke arah tendon yang masih utuh.

    klo kasus mba Ari, kemungkinan tendon juga ada yg putus, tapi kemungkinan lain sehingga tidak bisa digerakkan lagi karena terjadi kekakuan sendi jari karena proses kalsifikasi/pengapuran dan kerusakan engsel persendiaannya. Ini sulit di repair pada sendi-sendi kecil, sendi besar pun biasanya juga harus dipasang prostese/sendi palsu/buatan

  6. OMG! serem banget, ga tahan ngeliatnya pak… heheheeee
    kasian tuh pasien segera diterapi tuh psikisnya…
    semoga dia dapet pertolongan yg efektif agar tdk terjadi usaha kedua

  7. ngakunya sih nyonya, 23 tahun, diantar oleh lelaki muda juga, ngaku juga sebagai suami…entahlah…sepertinya sudah diskenariokan sebelum dibawa ke RS…sampai ceritanya ngelantur pernah jadi korban gempa, dan bekasnya ya yang ditangan kiri itu juga (perhatikan gambar…), pernah terapi untuk menunda kesuburan, terus terapi mengembalikan kesuburan, terus terapi infeksi saluran kencing…masak dokter mau ditipu, haha…..

  8. cuma 1 saja, kalau banyak harus benar-benar teliti, karena kalau salah pasangannya, nanti malah horor, seperti saat main pingsutan jari, pengennya mengeluarkan jari telunjuk, eh, yang keluar malah jari tengah, hehe….

  9. ewww ngeri kali kemungkinan2nya…
    hmmmm jadi mengamati jempol kiriku…
    jadi gini, aku gak bisa bengkokkan ke depan, lurus aja gitu walau udah diusahain sekuat tenaga ga bengkok2 lah, tapi kalo ke belakang masi bisa ternyata hehe cuma kan ngga lazim olahraga jempol alias mencet hp dengan jempol bengkok ke belakang, jadinya aku cuma bisa mencet pake jempol kanan doang gituuuu…

    dan setelah dibandingkan sama jempol kanan…
    ternyata benar kata mas wid ya, kemungkinan lunglai itu… soale ketika aku bengkokkan ke belakang si jempol kiri, itu kog kayak patah gitu terlalu kebawah bengkoknya, seperti ngga ada yang nahan di bagian depan (tempat sayatan bekas dijahit) dan lunglai itu tepat menggambarkan si jempol kiri dibanding jempol kanan yang “bertenaga”…

    wahhhh terima kasih pencerahannya mas wid!
    trus sebenernya ini gak mengganggu banyak sih karna udah terbiasa bekerja tanpa jempol kiri, tapi kalo ditekan bagian atas bekas luka jahitan itu / puncak jempol (jahitan ada di ruas sendi / tengah jempol) kog sakit ya? sakitnya kayak kesetrum gitu deh, itu kenapa ya? soale kalo nggak sengaja kepentok apa gitu ya berasanya kan kesetrum…

    loh kog jadi konsul…
    gak papa dunk ya mas wid… xixixiix

  10. sekarang jempolnya nonaktif mbak…
    pensiun dari tugasnya sebagai jempol sejak mengalami itu hihi… kerjaannya tegak melulu ga bengkok2 ke depan jadi kaku gitu kalo ke arah depan, kecuali ke arah belakang masi bisa tapi ya gitu seperti kata mas wid, kalo dipegang sengaja dibengkokin ke arah belakang jadi lunglai gitu, kayak gak ada yang nahan hihi…

    jempol cantik, gak perlu kerja keras olahraga neken keypad… xixixiix

  11. ya, seperti kataku sebelumnya lunglai atau bahkan kaku itu masih banyak kemungkinan, jaringan kulit yang menjadi keloid/hipertrofi/jaringan parut/bekas luka yang menjadi menonjol pada bekas jahitan juga akan menghalangi pergerakan dan menimbulkan nyeri, ya klo ekstrim seperti patah, kemungkinan di per-engsel-an (artikulatio sendi) jarinya juga kena. Ya, seperti engsel handphone model flip atau clamshell atau engsel monitor laptop terhadap body/keyboard, kan ada yang membatasi tidak bisa terlalu “meregang/tertekuk” maksimal ke arah sebaliknya. Istilah medisnya tidak bisa ekstensi maksimal, jadi juga sendi sehat kebanyakan orang dibatasi oleh struktur persendian dan jaringan penyokong di sekitarnya. Kecuali pada atlit senam atau peakrobatik loh, karena latihan sehingga ligamen tendon, dan otot serta jaring penyokong sendi lainnya menjadi lebih fleksibel alias gampang mulur. Klo mau melakukan bedah kosmetik/estetika, kemungkina bisa dinormalkan kok mbak, tapi biayanya mungkin ga sebanding dengan fungsinya yak, hehe…

    mengenai rasa kesetrum itu, sering pada kasus kerusakan permanen tadi dan biasanya ada struktur jaringan yang bersinggungan langsung dengan serabut saraf tepi/perifer. Tetapi juga bisa tidak ada yaitu terjadinya peningkatan respon nyeri pasca trauma. Lebih jelas bisa baca di http://multiline-jatimbali.blogspot.com/2009/12/nyeri-neuropatik.html (walau pun sulit bahasanya untuk orang awam, hehe….)

  12. aku lihat itu, malah teringat dulu waktu kecil sering mainan kaki kambing kurban yang tendonnya bisa ditarik-tarik, jadi jari2-nya juga gerak-gerak gitu…kemarin pas di kamar operasi juga digituin untuk memastikan tendon itu mengakses pergerakan ke bagian apa, ternyata, untuk fleksi/menekuk pergelangan tangannya…ah, nama istilah anatominya lupa aku: tendon flexor brevis apa gitu, hehe… Sobotta-ku ga tahu pada kemana…

  13. woahhh trims berat infonya mas wid!
    sendi bekas tempat jahitan itu kulitnya mulus lus lussss kog, ga ada keloid, tapi penjelasan mas wid oks bangetttt trimsssss ga usah pake bedah kosmetik aja deh gapapa terasa sakit kesetrum walau cuma dielus2 doang, yang penting masih punya jempol kanan buat pencet keypad hkhkhkkkk…

    wadawwww itu linknya bahasanya medis bangetttt *pusing*

  14. slam kenal dok saya perawat UGD RS swasta di jkt

    Sering pasien bunuh diri masuk UGD gagal matinya dok,karena racun ato irisan pisaunya nanggung. Saya rasa mereka masih takut2 dan mungkin cuma cari perhatian. Rata2 yang mau suicide( bunuh diri) alasannya karena patah hati dan pasien terbanyak adalah remaja labil.

  15. Apakah otot nadi yg pts bisa sembuh seperti semulanya lgi stelah di operasi, aku otot nadinya pts akibat kena kaca, padahal udah di operasi udah 1thn lbih blum sembuh total, baru 3 jari yang bisa bergerak, 2 jarinya msih blum bisa gerak, kalau di gerakin masih terasa sakit aja.

    1. klo tidak ada gangguan lain seperti persyarafan yang mati, pembuluh darah yang putus, dsb, maka seharusnya bisa. Coba konsultasikan lagi dengan dokter mas Aim, bisa juga dicoba dengan fisioterapi rutin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.