WidodoWirawan.Com

Hehehe, dapat "pujian" dari pasien

44 Komentar


GR juga nih (dikit sih…), habis…, seorang mahasiswi nanya ke aku:

“Sebelum kerja di sini di mana lagi, Dok?”
“Aku ndoble, eh, triple ding… di xxx dan di zzz”
“Mmm…kok kayaknya dokter beda ya, sama yang lain…?”
“O, iya, memang…jelas beda dong…” (masih ga ngeh…)
“Angkatan berapa, Dok?”
“Angkatan 98”
“Jadi…, kelahiran…80”
“Bukan, 79”
“O, iya, Dok, beda gitu, klo dokter lain…ditanya cuma jawab: “ya..ya..mmm”, tapi kalau dokter engga, jelas gitu…” (hehehe, di sini aku GR abisss)
“O, iya, benar, aku juga ngerasa begitu di sini, aku memang beda kok..hehehe”

Kemudian aku jelaskan ke dia:
“Ya, gimana ya mba, kan aku juga sering bingung kalau dapat pasien dari dokter lain, waktu ditanya: “kemarin dokternya ngasih obat apa, diagnosisnya apa, hasil foto dan lab-nya apa?”, walah pada bengong juga ga tau begitu…, nah, aku kan jadi ngerasa, gimana klo itu kita yang sebagai dokternya…?

Jadi, memang, akhirnya aku buktikan sendiri, mengapa dokter ga suka banyak bicara (silakan di klik link-nya).

Jadi pilihannya kembali kepada kita, aku, sebagai dokter yang butuh banyak belajar dan menularkan pengetahuan kepada pasien, bukan membuat pasien menjadi semakin bodoh dan bisa terus diperdaya oleh dokter yang suka diam…hmmmm… πŸ™‚

Catatan: Aku bilang juga ke mbak-nya, “Ya, tapi kalo pasien ramai banget, terpaksa aku ga bisa ngomong banyak mba, kasihan kan yang mengantri…”

Gambar di comot dari sini

Iklan

44 thoughts on “Hehehe, dapat "pujian" dari pasien

  1. ooooooooooooooooo…….. gitu thoooooo…………………

  2. aku juga 79

    *info gak penting*

  3. ya ampunnnn aku pikir mas widodo udah angkatan tuwir….
    kekekekkekkk

    ternyata cuma tua setaun dari aku (angkatannya) umurnya mah beda 2 tahun….

  4. nah, udah menduga yang macem-macem nih… πŸ™‚

  5. *maluuuw aku…* alhamdulillah….emang ada hubungannya Pak? πŸ™‚

  6. udah banyak yang terkecoh, hehehe….jiwa dan fisik boleh muda, pikiran dewasa, halaah!! :-b

  7. bukan itu mas…
    maksudku mas nampak lebih tua dari usianya….

    jiwa dan fisik boleh muda, pikiran dewasa
    btw ini maksudnya nyindir yaaaaa

  8. Ada lowongan dokter kosong yang soleh&mapan nga nih??
    Minta formulir dong??.. :p

  9. mas dokter tho iki? dFK UGM ya? adekku jg FK angkata 99 tp dia di UNS.
    salam kenal ya

  10. ehem…ehem….uhuk..uhuk….uhuk…
    *ada yang keselek nih*
    Pasiennya Mahasiswi ato Mahasiswinya yang jadi pasien…..????
    *mau tau aza….:))*

  11. nah…nah… πŸ˜€
    bukannya Ian yang nyindir nih…hehehe
    aku ga nyindir siapa-siapa loh…klo ngerasa, ya..maap πŸ™‚
    (tapi aku ga ngerti, kenapa tersindir gitu…? *serius*)

  12. he…he… gpp…
    soalnya merasa masih kayak anak kecil kelakukanya… hohooohoo

  13. heeh! lah, Lan, di RS tempat praktikmu kan banyak tuh… πŸ™‚ jangan nyerobot ke kavling lain dong..hehehe….

  14. iya, salam kenal mba Mimin… πŸ˜€

  15. mo tau aja deh mba Lolly nih…. :-b

  16. oooo….enak dong, di open terus sama orang lain…hehehe

  17. ian diopen terus?
    walah… exposed dong…

  18. psstttt…aku no comment dah mba πŸ™‚

  19. horeeeeee seumur. tgl lahirnya sama khan ya, orin dg istrinya pak wid? berarti pak wid n istri juga seumur???

  20. Pak dokter Dodo pancen Oce…hehehe
    btw aku pernah nanya ma dokter….
    “dok..kalo semua orang punya medial record…kan enak ya..jadi kalo orang itu periksa ke dokter mana aja..kan bisa ketahuan..historynya”
    jawabnya malah rada kurang seneng..”kan ada disini”…nggak nyambung nih dokter….

  21. hehehe…
    yang satu ini memang sempet jadi masalah :p

  22. itu artinya dokternya udah BT kali Pak dengan pasiennya πŸ™‚

  23. aku 28 tahun, istriku udah 30 tahun loh πŸ™‚

  24. hohoho…
    suit2x yang dapet pujian..:D

  25. Itu bukan pujian Res, tapi peringatan supaya lebih baik melayani pasien.. πŸ™‚

  26. rasanya ko masi susah banget ya, ngajak pasien ngomong banyak :p
    *emang dasarnya orangnya sendiri dah irit ngomong :p*

  27. ga perlu kita kok yang mendahului, cukup menjawab secara benar “kebengongan” dan “ketidaktahuan” pasien… πŸ˜€

  28. setuju banget… kayanya problem umum ya buat kita πŸ™‚ apalagi di RS saya banyak mendapat 'limpahan' pasien expat dan perusahaan yang super..super 'rese' dan menuntut pandai berkelit lidah, walaupun maksudnya menyalahkan tapi mikir tujuh keliling gimana cara ngejelasinnya.

    But…. ada satu artikel yang emmbuat saya senang, disitu dikatakan itulah bedanya praktik kedokteran di luar negeri dan indo, kuncinya komunikasi, dan kata sumber tersebut … dokter2 muda sekarang justru lebih komunikatif daripada dokter-dokter yang senior … ehhehe semoga salah :p

    btw, salam kenal….

  29. jaman dulu mungkin yg “laku” dokter yg ga banyak omong >> tampang sangar >> cuma megang2 dikit tanpa PF >> kasi obat..
    *emang dukun??*

    jaman sekarang???
    mungkin pasien lebih mbutuhkan dokter yg bisa diajak konsultasi dan curha.t..
    hmm, membuktikan masyarakat indo makin maju ga sih pak?

  30. beberapa minggu lalu malah aku dapat pasien yang justru minta di PF (Pemeriksaan Fisik), padahal pasiennya sedang banyak dan sebenarnya keluhannya bisa dieksplor dengan anamnesis/wawancara saja, yah…untuk menyenang pasien jadilah harus dituruti juga πŸ™‚

  31. biar capek tetap dilayani…
    justru disitu nilai “pahala”nya bukan?
    ^_^
    btw, salam kenal pak dokter…
    mohon bimbingannya (co-ass mode on)

  32. hehehehhee….brp lama alokasi wkt per pasien?

  33. tergantung banget, aku kan moody juga orangnya. Bisa cuma kurang dari 1 menit, bisa sampai 1/2 jam, haha… ya rata-rata 3-5 menit untuk antrian 30-50 pasien per shift per dokternya…

  34. disini 15 menit, jk pasien byk diamnya maka dokternya yg akan menanyakan, “apakah ada yg mau ditanyakan/konsultasikan?”. Kalo gak ada jg ya udah , pulang.

  35. idealnya begitu mba, tapi rasio jumlah dokter dengan jumlah pasien sering ga sebanding, jam kerja dokter di sini juga luar biasa deh…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s