livinginjogja

Mengapa aku betah di Jogja?


Ini hanya kilas balik hidupku di perantauan. Hmmm….jadi ingat lagu-lagu mellow bertema perantauan seperti “Lancang Kuning”, “Semalam di Malaysia”, “Teluk Bayur”, Kampuang Nan Jauah di Mato”….dan sebagainya (ada yang mau nambahin??, lagi ngoleksi lagu-lagu perantauan nih…)

Klo boleh dikata, sebenarnya dalam diriku ada darah campuran (bisa dibilang blasteran yah…hehehe…). Liat aja dari namaku yang sangat njawani: Widodo Wirawan. Ini nama pesanan dari mbahku yang bermukim di Jogja sini, tepatnya daerah Grogol, Parangtritis. Dari nama tersebut sih, mbah-ku pengennya aku menjadi orang yang senantiasa selamat (dunia dan akhirat) serta bisa senantiasa bertindak bak pahlawan(wirawan=hero=pahlawan)….hehehe…tapi bukan sok pahlawan loh….sebaliknya harus penuh semangat pantang menyerah dan bisa menjadi panutan sesama. sungguh berat menyandang nama itu…tapi seperti bunyi sebuah idiom “nama adalah doa”. Amiiiin…. :-)) Maka, aku tentu saja berusaha sekuat diri mewujudkan arti sebuah (eh dua buah) namaku itu…

Apatah lagi aku anak pertama dari empat bersaudara. Mau ga mau kepaksa deh jadinya…hehehe… Ah, kok ngelantur gini. Back to topic!!

Secara aku berdarah campuran Jogja-Melayu (Riau). Makanya betah bangetlah tinggal di Jogja. Walaupun dulu waktu naik kelas 5 SD dah pernah ke Jogja menjenguk simbah, tetapi perjuangan yang sebenarnya di Jogja dimulai tahun 1998, saat aku berkuliah di propinsi terunik ini (menurutku sih….). So, hampir genap 10 tahun aku “terdampar” di sini. Keberadaan keluarga besar bapakku di Jogja bukanlah faktor utama mengapa aku betah di Jogja. Lebih kepada faktor Jogja yang sangat unik. Yah, bayangkan sebuah propinsi kecil, tetapi insyaallah, apa aja bisa ditemukan di sini, dengan akses yang cepat, dan murah lagi… Aku bisa mendapatkan akses internet murah, CD bajakan yang melimpah, berbagai menu makanan se-nusantara yang bertembaran di mana-mana (rada hiperbolik nih….tapi iya, ternyata jenisnya terbanyak dibanding daerah lain. Lihat di sini), buku-buku bajakan, tempat wisata yang mengagumkan, bertemu orang-orang dengan berbagai karakter dan budaya, suasana yang nyaman (cozy lah….) dan aman. Maaf, nih…. tidak kebanyakan kota besar yang luar biasa tingkat kriminalitasnya, termasuk propinsi kelahiranku, Riau….

Menurutku, Jogja prospek banget bagi mereka yang mau menghabiskan masa pensiun (alias umurnya… :-)). Terbukti dari banyaknya ortu teman-teman, tetanggaku, yang hijrah ke Jogja, dengan alasan yang sama. Wah…bisa tenggelam nih lama-lama pulau Jawa… Kenyamanan tinggal di Jogja (mungkin) bisa pula diukur dengan usia harapan hidup (UHH). UHH Propinsi Jogjakarta ternyata tertinggi di Indonesia (72,4 tahun), dan Sleman (tempat aku hidup) merupakan kabupaten dengan UHH tertinggi di Indonesia 74 tahun .

Sayang sih…., ya cuma sayangnya…., perumahan di Jogja sangat mahal (mungkin termahal se-Indonesia klo di rata-rata), padahal di saat-saat terkini, wajah Yogyakarta sangat padat dengan berbagai merek perumahan. Semoga ke depan Jogja tetap nyaman…amiiin….

Kesan anda terhadap Jogja? (pengen tau nih….)

Referensi:
http://www.bps.go.id/sector/iptek/table1.shtml
http://yogyakarta.bps.go.id/pdf/3_sosial.pdf
http://www.kalbar.polri.go.id/comment.php?comment.news.587
http://www.slemankab.go.id/index.php?hal=detail_berita.php&id=892
http://ayojajan.com/
http://trulyjogja.com/

Image:
http://eur.i1.yimg.com/eur.yimg.com/i/uk/tr/tg/lp/93/500_93b1ffd7ff1a59b64e0205fea98a8a26.jpg

Iklan

78 tanggapan untuk “Mengapa aku betah di Jogja?”

  1. Yah, seandainya badanku bisa dibelah, **#@$haiyyaa… aku juga mau di Magelang mba, emang enak juga sih… πŸ˜€ Tetapi tetaplah Jogja No.1, a simple place with complete stuffs…

  2. Kesanku pada jogja:selalu di hati, selalu dinanti (kapan ya mudiknya), jogja yang ngangeni, cocok deh dengan semboyan jogja berhati nyaman (asal jangan dibelakang pantat bis kota hehehe) Memang jogja is the best (for me, lha lahirnya di jogja sih, harap maklum kalo subyektif)

  3. jogja ki ncen ngangeni tenan..
    bahkan masku sing ra tau berdomisili neng jogja, pingine yo “basehome-nya” kelak di jogja..sama kayak aku..
    emang perumahan di jogja mahal-mahal ya pak, kirain masih murah2 gitu..perasaan surabaya lebih mahal deh..:)

  4. .. sebagai orang yang dibesarkan di yogya… kota ini memang unik.. meski belakangan tambah panas dan semrawut dengan banyaknya motor…. kangen dengan yogya tahun 80an dikala aku masih kecil… masih banyak orang bersepeda shg. yogya pernah menyandang gelar kota sepeda…

  5. Jogja..kota terindah yg puanassssssssss tenannnnnnnnnnn !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Tapi sneng bner jalan2 kesana, kerasa sperti janin lg jalan2 di perut Bundanya πŸ™‚
    hayahh……….. kota kelahiran neh πŸ™‚

  6. Pulang Do, tiap 3 bulan, cuma rasanya masih kurang saja. Selamat bermukim di jogja deh Do. Sampe kapan kamu di jogja? Seterusnya? Eh tapi aku tu juga kangen Duri lho, tiap tempat ada indahnya sendiri-sendiri rasanya. Tapi apa bener katamu disana (Riau) kurang aman ya, lha tatanggaku di Duri itu serumah jadi korban pembunuhan, waduh ngeri (semoga cuma kebetulan saja ya)

  7. weits… soal makanan murah jogja jago nya… Tapi panas nya… gak nahan…
    Kudu siap AC kalo mau tinggal di Jogja keknya. Alhamdulillah, aku ke Jogja tiap tahun. Jadi cukup bisa mengobati rasa rindu akan Jogja ku…

    Mahal gak yaa? Gak tahu tuh, krn di sana tinggal pilih aja mau inap dimana, banyak sodara. Tapi rumah sendiri juga ada…

    Jadi kangen jogja… As soon as skripsiku beres aku bakalan ke Jogja..
    Kali ini bener2 jalan-jalan menikmati kota Jogja…

  8. Jogja saiki piye do? πŸ™‚
    Di sini nggak ada gudeg bu amat je :((
    Makan sate, mbakarnya pake mesin pemanas listrik, gak pake arang
    Apalagi gak ada yang jualan ayam bakar mas pri … hu..hu…

  9. 😦 wah iya nih mas Bondan, parah benar mall-isasi-nya. Paling parah tuh jl. solo/laksda adi sucipto sekarang, full macet, apalgi malam-malam liburan, pokoknya sebisa mungkin menghindar klo lewat sana….

  10. blum tau, kan dah terlanjur berkarir di sini, susah klo mulai dari nol lagi. Klo dibnading Jogja sih jauh banget sih ya, di Pekanbaru aja (tempatku) banyak banget kriminalitas. Ingat banget pas SMU dulu sering banget dipalak/diperas ama preman-preman, secara kan klo berangkat selalu melewati pasar yang banyak premannya, jadinya ya…udah makanan sehari-hari gitu…

  11. tuh….mba Teresa kluar bakatnya… πŸ˜€
    nyambung ya mba:

    Buah siwalan buah idaman,
    enak diminum di bulan puasa (ngiler nih…)
    Yogyakarta tempat ternyaman
    mari pertahankan sepanjang masa…

  12. Apik-apik wae Pak Andri…, gudeg Bu amat ga jualan online yah…? hahaha, bisa juga tuh Ndri dimakelari!!
    Wis, nek bali neng Jogja, yo jo lali gowo BBQ equipment…huahahaha…

  13. lahir..kecil, sampai kuliah di Jogja..asli jogja.
    tapi saat ini menikmati jadi orang depok..
    belajar membenci jogja…biar ga kepikiram pulang terus..
    πŸ˜›

  14. dari lahir smp kerja bbrp tahun di jogja, i am wong yogjo blood and soul hihihi.
    skrg sdh 7 thn jd perempuan metropolis. tp meski belum akan pensiun, pengen menetap di jogja lagi. ada info lowongan? anybody? hehehe…

  15. sempet hidup di jogja dari 1998 – 2002 (kuliah) & 2002 – 2005 (kerja)
    akhirnya dapet jodoh di jogja juga dan ngikut misua di padang πŸ™‚
    tapi teuteubs, jogja is the best, ngangeni bangets
    apa2 murah, apa2 tersedia, makanan gak susah

    “…pulang ke kotamu…ada setangkup haru dalam rindu…”

  16. kota ramah sepeda, ramah pejalan kaki, makanan murah, banyak orang ramah, makanan enak. Tapi kalau pensiun di Jogja? Nanti dulu. Jawa sudah terlalu penuh, aku pengen di luar Jawa. Sulawesi atau Maluku sekalian.

  17. sebenarnya engga juga mba, pengendara sepeda motor sudah mulai ganas πŸ™‚ tapi memang sih masih tinggi status pejalan kaki, ga kayak di Jakarta setengah mati mau menyeberang, klo di sini, cuek aja, pura-pura ga lihat ada kendaraan langsung selonong aja menyeberang, paling cuma di”kakiempatkan” hehe…

    Takut pulau jawa tenggelam ya? udah keberatan beban…. πŸ˜€

  18. hohoho Jogja sekitar 3-4 jam ke arah selatan Salatiga nih… yo mesti memang kok mas, kota yang satu itu jadi membuat kesan tersendiri… saya sih tapi masih keseringannya ke Semarang, jarang ke Jogja, maklum lebih deket sono hehehe…

    Secara garis besar juga saya lihat perbandingan perkembangan dua pulau jelaslah timpang jauh… secara fasilitas memang daerah Sumatera ketinggalan banget deh huhuhu… Jawa bikin betahnya pada akses mudahnya seluruh fasilitas yang kita inginkan heuheuheu

  19. Semarang, saya terus terang suka juga loh, pernah 2 minggu nginap di sana. cuma memang saya lebih suka kota kecil saja.. πŸ™‚

    Nah, itu dia masalah kesenjangan daerah ini anehnya paradoks dengan ketidakmampuan pemerintah kita sebenarnya, tetap memperhatikan Jawa atau kota-kota besar saja tanpa komitmen yang jelas untuk pemerataan pembangunan. Di satu sisi enggan membiarkan daerah yang mau merdeka, namun di sisi lain seperti menjajah daerah…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.