WidodoWirawan.Com

Pencegahan Penularan Cacar Air Dengan Tablet Acyclovir

61 Komentar


Masih ada aja yang kena cacar air, termasuk anaknya teman saya, dan dia khawatir menular ke anggota keluarga yang lain, lalu saya berikan resep pencegahannya yang pernah saya gunakan dulu. Dan ternyata saya belum mendokumentasikannya di MP saya sendiri, hehe…

Langsung aja deh…

Dosis pencegahan dengan tablet acyclovir untuk cacar air adalah 40 miligram per kilogram berat badan per hari, dibagi dalam 4 dosis atau 10 miligram per kilogram berat badan untuk sekali pemberian. Berikan dosis ini setiap 6 jam selama 7 hari atau 1 minggu dalam rentang waktu 7-14 hari sejak dugaan paparan virus yaitu hari di saat timbulnya demam pertama kali. Diusahakan tepat waktu dengan menggunakan alat time reminder pada ponsel setiap jam 06.00, 12.00, 18.00, dan 00.00 (ini untuk mudahnya saja, yang penting setiap 6 jam)

Contoh di saya:

  • Untuk istri dan pembantu (dewasa), saya berikan 800 mg (2 buah tablet 400 mg) setiap 6 jam selama 7 hari. Berarti butuh 56 tablet atau hampir 6 strip (1 strip berisi 10 tablet)
  • Untuk anak saya yang beratnya 10 kg, saya berikan 100 mg (1/2 tablet 200 mg) setiap 6 jam  selama 7 hari
  • Untuk anak saya yang beratnya 20 kg, saya berikan 200 mg (1 tablet 200 mg) setiap 6 jam  selama 7 hari

Sediaan generik acyclovir tablet yang saya jumpai di tempat saya adalah 200 mg dan 400 mg.

Rasa tablet acyclovir (generik) ini tidak pahit, tapi netral, dan mudah sekali larut dalam air, sehingga tidak sulit diminumkan pada anak-anak, bisa dicampur makanan atau susu. Harganya juga murah, hanya sekitar 70-80 ribu per 100 butirnya.

Semoga berguna.

Iklan

61 thoughts on “Pencegahan Penularan Cacar Air Dengan Tablet Acyclovir

  1. Info yg sangat menarik dan bermanfaat.
    Catat ah.

    oiya, begitu banyak butiran tablet yg harus dikonsumsi, apakah ada efek sampingnya, mas Wid?

  2. catat,barangkali perlu.
    oh ya mas maksudnya saat timbul demam itu,utk yg positif cacar. jd begitu ada yg demam krn cacar,keluarga yg lain sudah boleh minum tabletnya juga kah?

  3. dijual bebas ya mas ?
    saya dan anak2 udah imunisasi varicella, mudah2an kalau terkena enggak parah efeknya 🙂

  4. @ Pak Iwan: apa MP lagi error hari ini? ga bisa balas komen dengan normal?

    untuk terapi malah lebih banyak lagi Pak, sampe 5 kali sehari atau setiap 4 jam, tapi ga apa-apa obat aman bila sesuai dosis. Efek samping yang muncul pada kondisi tertentu dan sangat jarang seperti alergi, mual, muntah, diare, sakit kepala, merasa lemas. Kalau over dosis tentu saja bisa merusak ginjal. Di keluarga saya alhamdulliah baik-baik aja ketika konsumsi Acyclovir.

  5. Alhamdulillah aku udah kebal terhadap varicella.
    Untuk bisa repy seperti saya ini, klik kanan “balas” dan klik “Open link in a new tab”.
    Kerluarlah kotak “Buat Balasan”.
    Ketik apa yang anda mau jawab, klik “Kutip pesan asli” yang ada di bawah, baru klik “Kirim Jawaban”
    Coba deh!

  6. Gpp ya buat mencegah minum seminggu?

  7. Iya, penderitanya yang demam, hehe… demam itu tanda masa inkubasi/perkembangbiakan virus mencapai puncaknya dengan munculnya gejala awal. Kalau di literatur dianjurkan 1-2 minggu (7-14 hari) setelah orang sehat terpapar (berdekatan atau bersentuhan) dengan si penderita, jadi obat pencegah tidak langsung diminum sesaat setelah terpapar dengan penderita.

  8. info bermanfaat sekali.
    semoga Allah melimpahkan kesehatan kepada kita semua

  9. obatnya sih dijual di banyak apotek, tapi bukan bebas untuk menebusnya kecuali apoteknya nakal, hehe, acyclovir termasuk obat keras yaitu dengan logonya bulat merah dengan huruf “K”, artinya minta aja resep ke dokter, ya bayar dikitlah dokternya, bagi-bagi rejeki, hehe…

    klo udah imunisasi akan sulit terkena, dan klo terkena pun memang tidak akan parah…

  10. thanks berat Pak, sudah saya terapkan langsung 😀

    belum kena herpes zosternya?

  11. Iya, cuma seminggu saja, yang penting waktu mulai minumnya tepat dan disiplin dengan dibntuk reminder-lah, kan udah kena Mba? hehe…

  12. Aamin…

    saya kira sudah banyak yang tahu, hehe…

    saya aja terkena cacar airnya sudah sejak 7 bulan yang lalu (http://subhanallahu.multiply.com/notes/item/198) sampe saya setres juga: http://subhanallahu.multiply.com/notes/item/200, dan akhirnya ga sabaran dipingit terus: http://subhanallahu.multiply.com/journal/item/157/Bosan_dijajah_cacar

    Saya kira ini sudah hampir 8-9 bulan, kok masih ada aja yang kena gitu loh…

  13. Kalau yg pernah kena herpes zoster,bisa kena cacar air lg ga dok?

  14. klo tipus pencegahannya gmna pak? Di skolah bagir kok belakangan ada bbrp anak yg dirawat inap, gejala tipus ktnya.klo sdh imunsasi tifoid aman kan ya pak? ..maaf jd konsultasi.

  15. Pencegahan typhoid/tifus lebih ke arah higien Mba, yaitu menjaga diri agar terhindar dari kontaminasi kuman Salmonella yang banyak pada kondisi kotor terutama jajanan anak-anak. Namun faktor kekebalan tubuh juga sangat mempengaruhi, termasuk faktor imunisasi tifus. Kalau dibilang aman 100%, tidak bisa juga dikatakan begitu, tapi minimal akan jauh lebih terhindar.

  16. dok, untuk wanita hamil boleh gak dok?

  17. belum Pak, mudah2an enggalah 🙂

  18. Aman Mba, search aja di google dengan kata kunci: acyclovir+pregnancy

  19. alhamdulillah dua bln lalu hbs liat foto Om Wit yg kena cacar air…akhirnya bs jg merasakn weenakknya kena cacar ular… salep dan tablet acyclovir, omegesic serta bubuk pk jd paket istimewa.. 😦

  20. thank you dok, Ichiko kena cacar ternyata, padahal tadi pagi seorang spesialis yang juga profesor meragukan kemungkinan cacar air, resepnya mucopat, ctm dan keuacat belum saya tebus

  21. loh? jadi diagnosis pasti cacarnya oleh siapa? bukan profesor itu?

    gampang kan mendiagnosis cacar, memang awalnya hari 1-2 dua tidak spesifik, kayak demam flu gitu… padahal Ichiko udah imunisasi cacar air kan?

  22. saya ngeh itu cacar juga baru sejam lalu, bintik2 mulai muncul dan agak banyak, kemarin sudah muncul satu dilengan dan sudah ditunjukan waktu ke dokter.Bintiknya berair dok, dan ada dimulut juga, makanya ichiko susah makan dan minum da jadi rewel sekali.

  23. Saya baru ngeh, ichiko baru imunisasi measles dan belum imunisasi cacar air(menyadari kesalahan yang terlambat)

  24. masih sangat tepat untuk diberikan Acyclovir seawal mungkin (dalam waktu 3 hari, lebih bagus bila baru satu hari sejak munculnya lenting berair), namun dosis terapinya jadi 5 kali sehari ya… sesuaikan dosis dengan berat badannya.

    saya kopikan artikel bagus tentang cacar air:

    Varicella (chickenpox) atau cacar air adalah penyakit yang disebabkan infeksi primer virus varicella-zooster. Varicella sering menyerang anak-anak dibawah usia 12 tahun. Varicella ditularkan melalui batuk, bersin atau kontak langsung. Masa inkubasi varicella berlangsung 10-21 hari. Varicella merupakan infeksi virus sehingga penanganan varicella tidak memerlukan antibiotik. Varicella dapat sembuh dengan sendirinya.
    GejalaGejala utama varicella adalah anak demam selama 1-2 hari lalu diikuti timbulnya ruam antara hari ke-3 sampai hari ke-5. Ruam atau kelainan kulit pada varicella cukup khas yaitu papul kemerahan yang dengan cepat berkembang menjadi vesikel (lenting yang berisi cairan jernih), lalu pecah menjadi krusta (koreng). Awalnya, vesikel timbul di badan. Lalu vesikel dengan cepat menyebar ke wajah dan tangan dan kaki. Varicella biasanya disertai rasa gatal. Selain demam, varicella disertai gejala prodromal lainnya yaitu sakit kepala, lemas, dan bisa tampak letargis.
    Gambar Varicella

    KomplikasiVaricella sebagian besar bersifat ringan dan sembuh dengan sendirinya. Namun varicella dapat menyebabkan komplikasi tertentu yaitu:1. Dapat terjadi superinfeksi atau infeksi sekunder pada kul

  25. iya sih, measle/campak sudah umum dalam imunisasi, namun varicella memang belum umum, anak saya juga semuanya juga belum pernah vaksin cacar air, bukan contoh yang baik, hehe… tapi dengan acyclovir itu proses pembentukan kekebalan alami juga tetap berlangsung (meskipun untuk kepastian harus dengan tes lab untuk cek kadar unsur kekebalannya) sebagaimana ketika dilakukan imunisasi karena diasumsikan sudah terpapar dari virus “alami”.

  26. Referensi jurnal/artikel mengenai pencegahan dengan acyclovir, contohnya bisa diakses di:

    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8393173

    http://www.aafp.org/afp/1998/0301/p1073.html

  27. Sekali lagi terima kasih dok, saya lebih rasional menghadapi semua ini…ternyata ichiko masih mau makan tapi harus makanan dan minuman dalam kondisi dingin
    (jurnalnya lagi proses download,biasanya saya download jurnal virus serangga hehehehehe)

  28. saya share ke group di fb boleh ya dok?

  29. dok, kalau terkena cacar ular yg sudah parah obat nya apa ya dok?????

  30. saya dan atasan saya tinggal dalam 1 rumah dinas, mulai 2 hari yang lalu beliau terkena cacar air, karena kami di rantau dan tidak ada orang lain yang mambantu, terpaksa saya membantu beliau mengoleskan salep acyclovir. padahal sejak kecil saya belum pernah kena cacar. untuk pencegahan kapan saya mulai minum acyclovirnya dok?

  31. saya kira sudah jelas pada tulisan saya, saya ulangi ya, kapan tablet acyclovir harus diminum untuk usaha pencegahan:

    dalam rentang waktu 7-14 hari sejak dugaan paparan virus yaitu hari di saat timbulnya demam pertama kali.

    —-

    pada kasus anda, kira-kira anda sudah terpapar 2 hari, jadi 5 hari kemudian anda sudah boleh minum acyclovirnya. Mohon dosisnya dibaca aturannya sesuai tulisan saya di atas. Semoga berhasil.

  32. dok, adik saya 2 mggu yg lalu terkena cacar air, sekarang sudah mengeringm dan giliran saya yg tertular, hari sabtu badan saya panas dan saya menemukan lentingan berisi cairan bening di badan saya, sorenya saya minum acyclovir dengan dosis 800mg 5x sehari, sudah 2 hari sejak timbulnya lenting pertama kok tidak adaa tanda2 sembuh ya dok, malah bertambah banyak diwajah lentingannya, itu sebaiknya bagaimana dok? biar segera sembuh, kering dan tidak menyebar lagi?

  33. cara pesan obat dok
    anak saya : 3 tahun asalnya gatal-gatal sekarang : 3 hari jadi semakin banyak dan berair

  34. dok cara pesan dan pembarannya bagaimana
    terima kasih

  35. acyclovir memang tidak selalu efektif untuk mengobati cacar air kok…. apalagi klo sudah melewati 2-3 kali 24 jam dari sejak timbulnya gejala demam…

  36. harus diperiksa Bu ke dokter terdekat….

  37. Dua hari lagi saya hajatan sunatan anak saya.
    Hari ini hari ke 2 sy kena cacar. Gimana dong… ada gak obat ampuh yg bikin nih cacar rontok dalam dua hari…. mahal jg di beli deh… darurat nih….

    • Semoga sudah sembuh cacarnya ya Bu. Pada prinsipnya tidak bisa dipercepat, karena itu bagian dari perjalan alamiah penyakit yang disebabkan oleh virus yang bersifat self limited disease, yaitu penyakitnya akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan kerja sistem kekebalan tubuh yang meningkat.

  38. Dua hari lagi saya hajatan sunatan anak saya.
    Hari ini hari ke 2 sy kena cacar. Gimana dong… ada gak obat ampuh yg bikin nih cacar rontok dalam dua hari…. mahal jg di beli deh… darurat nih….

  39. Eh… menyambung yg sdh saya tulis… saya sdh minum acyclovir 400mg x 2 setiap 4 jam sekali…

  40. Trims dok informasinya. Saya sekeluarga kena cacar air skrg. Alhamdulillah agak tenang setelah baca artikel ini.

  41. kalau sudah terlanjur meminum setelah terkena paparan bagaimana pak?
    apakah berbahaya?

  42. tetapi meminum nya sehari setelah bersentuhan dengan penderita pak, tidak tujuh hari setelah bersentuhan, bagaimana pak?

  43. terimakasih pak infonya, saya sudah khawatir, takut kalau malah tidak bisa jadi antibodi pak.
    terima kasih pak.

    • sama-sama ya, dan memang kan tidak ada jaminan bahwa antibodi pasti jadi, ini usaha saja, minimal tidak muncul gejalanya, anak saya di tahun berikutnya ada yang kena artinya kemungkinan antibodi ga cukup titer/kadarnyanya atau bahkan mungkin belum ada, dan gejala cacar airnya juga sangat ringan. Apalagi kita hanya bisa menduga tanpa melalui tes antibodi secara laboratorium. Jadi anjuran saya, tahun depan bisa di ulang prosedur yang sama, tapi lebih baik jika lolos tidak timbul gejala, lebih baik vaksin saja, lebih simpel…

  44. klo herpes simplek (HSV 1 dan HSV 2) setahu saya belum ada, sedang herpes zooster vaksinnya sama dengan vaksin varicella/cacar air

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s