WidodoWirawan.Com

Menjadi orang merdeka di Jogja

14 Komentar



Menjelang peringatan kemerdekaan RI ke-62, aku teringat kembali saat menjadi panitia kampung setahun lalu di salah satu dusun di Maguwoharjo, Sleman. Begitu banyak kegiatan untuk menyambut hari bersejarah tersebut, ada kerja bakti, jalan santai, lomba anak-anak, dan acara puncaknya sendiri. Sayang sekali tahun ini belum sempat ikut meramaikan lagi di kampung baruku, maklum kemarin sempat lama absen sehingga tidak tahu perkembangan lingkungan.

Kalau sudah begini, terasa ada kekurangan secara kehidupan bersosialiasasi membutuhkan hal-hal seperti ini. Dan Jogja itu salah satu tempat di Indonesia yang mampu memberikan miliu (lingkungan) baik untuk belajar bermasyarakat. Minat “urbanis” untuk hijrah ke kota gudeg sejauh yang aku tahu, memberikan alasan demikian, selain sebagai wilayah yang sangat nyaman tentunya 😀

Menjadi orang merdeka di Jogja sangat memungkinkan, dalam artian tidak terkungkung dengan ego individulis sebagaimana di banyak kota besar lain. Yah, aku lebih suka mengatakan makna merdeka itu sebagai orang yang tidak kuper, peduli dengan sekitar, komunikasi yang lancar, dan baik dengan tetangga, hehehe…

Merdeka dalam artian bebas mengekspresikan ego kita seluas-luasnya tanpa mengindahkan peraturan, menurutku, secara tak sadar telah menjadikan kita justru terkungkung oleh batas ego kita. Berapa banyak orang yang sakit (terutama sakit psikis, bahkan tak jarang merembet ke penyakit fisik) secara memaknai kemerdekaan “sa’penak’e dewe” (semau gue).

Kalau anda datang ke Jogja, di titik manapun anda berhenti, insyaallah kesempatan untuk menjadi orang yang merdeka terbuka lebar 😀

Pic dari sini

Iklan

14 thoughts on “Menjadi orang merdeka di Jogja

  1. 17-an?
    ada lomba makan kerupuk ngga? hihihi

  2. kangen kembali jalan-jalan di Jogja………….. Kaliurang…….!!

  3. engga…udah ga level buat anak zaman sekarang… 🙂

  4. jangan X-Urang terus dong…masih bnayk kok tempat menarik lainnya… 😀

  5. aku ikut lomba bikin tumpeng ajah hehehehehehe

  6. habis……….di Kaliurang ada rumah ortu temenku……. jadi nginapnya gratis…ha..ha..ha..

  7. bagi-bagi tumpengnya mba DJ… 😀

  8. SETUJU !!!! ego indvidualis yang secara tidak langsung membuat jiwa kita hanya berisi-kan batu2 kerikil yang bila kita tidak pintar berjalan..maka siap2-lah terjatuh ^_^

    Ngga ngerti kan??!! hehehehehehe.

  9. bagus..bagus.
    inilah comentar anak TK. Harap maklum, Pak ^_^

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s