livinginjogja, wisata

Mau cari alternatif wisata alam?



Foto selengkapnya bisa dilihat di sini dan di sini

Ya, tempat ini bisa dijadikan alternatif bagi teman-teman yang tertarik dengan wisata hutan dan sungai. Nama lokasinya Wilayah Hutan Bunder Perhutani. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan apa pun, bahkan pada saat surut sungainya (Kali Oyo) bisa diseberangi dengan mudah. Susunan batuan kali yang apik membuat sensasi tersendiri. Daerah yang berlokasi 2 kilometer dari daerah peristirahatan (rest area) bagi para pemakai jalan di Kabupaten Gunung Kidul (arah Yogyakarta), sebagian besar dikelilingi oleh pohon-pohon kayu putih. Kalau sulit menemukannya, cari saja wilayah Wanagama I (laboratorium alami Fakultas Kehutanan UGM).

Aku sendiri sudah 2 kali “main” ketempat ini, cuma belum sempat aja jalan-jalan terutama ke tempat penangkaran kijangnya. Cuaca di tempat ini bersahabat, tidak dingin, tidak panas sehingga cocok buat kemping/berkemah, apalagi ditunjang dengan keberadaan Kali Oyo yang menambah indahnya tempat ini. Aku kemari karena ada undangan buat mengisi materi tentang kedaruratan (P3K). Moga lain kali bisa langsung nge-track di lokasi deh… 😀

Pokoknya kalo mampir ditempat ini landscapenya ruaarr biasa, so jangan lupa’in bawa kamera ya…

Catatan:
Transportasi, Kalo hanya sekedar mampir, sebaiknya membawa motor/mobil sendiri. Kalo mau kemping atau heking, sebaiknya ya…naik bis dari Terminal Giwangan Yogyakarta, secara tidak ada penitipan parkir di tempat ini.

Iklan

19 tanggapan untuk “Mau cari alternatif wisata alam?”

  1. Wah, wah…. hebat juga. Di Bogor juga ada, mas. Namanya kawasan wisata perkemahan GUNUNG BUNDER – Gununf Salak Bogor. Hutannya bagus dan berhawa sejuk. Banyak air terjunnya lagi. Cuma 60 KM dari Tugu Monas.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.