WidodoWirawan.Com

METRO TV: evakuasi 33 penambang dari perut bumi, setelah bertahan selama 68 hari di kedalaman 700 meter

7 Komentar


Iklan

7 thoughts on “METRO TV: evakuasi 33 penambang dari perut bumi, setelah bertahan selama 68 hari di kedalaman 700 meter

  1. Di Cile
    Masih hidup semua 😀

    http://www.primaironline.com/berita/internasional/penambang-pertama-berhasil-dikeluarkan-setelah-69-hari-terjebak

    Tadi baru 3 orang yang sudah dievakuasi, per-orang butuh waktu 15-20 menit, diperkirakan rampung evakuasi 30 jam-an karena ditambah dengan penegcekan dan persiapan alat evakuasi. Beritanya heboh banget kok…

  2. Dari http://www.detiknews.com
    Rabu, 13/10/2010 14:37 WIB

    Santiago – Operasi penyelamatan 33 penambang Chili terus berlangsung. Sejauh ini sudah lima penambang yang berhasil diangkat ke permukaan dengan selamat. Penambang kelima tersebut adalah Jimmy Sanchez, yang usianya paling muda di antara para penambang lainnya.

    Pria berumur 19 tahun itu telah ditunggu oleh kekasihnya, Helen Avalos dan bayi perempuannya yang baru berumur dua bulan. Sanchez terlihat gemetaran saat memeluk ayahnya. Demikian seperti diberitakan harian Telegraph, Rabu (13/10/2010).

    Operasi penyelamatan para penambang ini terbilang cepat. Sebab sebelumnya pemerintah Chili menyatakan, para penambang kemungkinan masih terjebak di bawah tanah pada Hari Natal di bulan Desember mendatang.

    Sekitar 2.000 jurnalis melaporkan langsung operasi penyelamatan ini dari lokasi pertambangan. Para jurnalis tersebut berasal dari sekitar 200 organisasi media.

    Operasi penyelamatan ini disaksikan langsung oleh Presiden Chili Sebastian Pinera. Sebelumnya Menteri Pertambangan Chili Laurence Golborne mengatakan, operasi untuk mengeluarkan seluruh penambang bisa memakan waktu maksimal dua hari, tergantung kelancaran proses.

    Setelah diangkat ke atas, para penambang akan menjalani pemeriksaan kesehatan selama sekitar dua jam di rumah sakit darurat yang didirikan di lokasi pertambangan. Baru setelah itu mereka akan diterbangkan dengan helikopter menuju rumah sakit di Kota Copiapo. Penerbangan diperkirakan berlangsung 15 menit.

    Selama ini, satu-satunya kontak dengan dunia luar sejak awal Agustus lalu adalah melalui lubang bor kecil. Melalui lubang itulah, makanan, air minum dan peralatan lainnya dikirimkan dari atas untuk para penambang.

    Para penambang itu terperangkap menyusul runtuhnya tambang emas dan tembaga San Jose di utara Chili pada 5 Agustus lalu. Ini prestasi bertahan hidup di bawah tanah yang belum pernah terjadi di zaman modern ini.

    Hingga saat ini mereka dalam kondisi sehat. Meski beberapa penambang mengalami infeksi kulit. Pemerintah Chili telah mendatangkan para pakar dari badan antariksa AS, NASA untuk membantu mereka tetap fit secara mental dan fisik selama upaya penyelamatan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s