WidodoWirawan.Com

Spoofing email? pada tau ga sih?

13 Komentar


Iklan

13 thoughts on “Spoofing email? pada tau ga sih?

  1. aku baru tahu juga dan baru tahu ada istilah itu, sebenarnya beberapa bulan terakhir ini banyak bermunculan email spam yang tidak berjudul (uknown) kan? pernah dapat kan? nah itu spoofing email.

  2. ow ga pernah neliti sam, spam langsung aq empty aja.

  3. ga semua difolder bulk itu spam loh, siapa tahu ada email penting nyasar 🙂

  4. Ini tambahan info dari yang aku baca,

    Spoofing email (email palsu, seolah-oleh pengirimnya dari orang yang kita kenal, padahal bukan), ini termasuk salah satu email sampah/spam, bisa berisi promosi, virus, atau sekedar iseng saja.

    jadi, acuhkan saja, bila tidak biasanya spoofing email ini akan mencuri/mengetahui alamat email yang ada di daftar alamat email kita, sehingga semua email di daftar alamat akan mendapatkan email spam tersebut, jadi bukan mencuri password email kita.

    tapi sebenarnya spoofing email bisa mencuri password email kita bila isinya berupa permintaan mengirimkan informasi rahasia (disebut teknik Phishing) seperti username, password, no pin dll, dengan mengaku dari layanan e-banking yang korban miliki atau dari layanan email resmi, atau dari milis kita ini, bisa jadi korban akan mengirimkan informasi rahasia tersebut jika tidak melakukan investigasi.

    spoofing email juga bisa mencuri password kita bila memang berisi virus, worm, atau, malware yang berisi script/kode mata-mata seperti program key logger. Program ini dapat memata-matai aktifitas kita saat menggunakan komputer melalui ketikan papan kunci/keyboard. Jadi berpotensi bagi password kita, apapun itu baik password email, nomor kartu kredit, dsb, untuk bisa ketahuan orang lain.

    Tip mencegah pencurian password:
    – Selalu lakukan sign out dan pastikan sudah benar-benar sign out bila berinternet di fasilitas umum
    – Hati-hati dengan kemungkinan program key logger yang dipasang secara sengaja di fasilitas umum seperti warnet, komputer bukan milik sendiri, atau server jaringan umum seperti hot spot wi-fi. Maka sebaiknya gunakan semacam aplikasi pengacak/enkripsi ketukan keyboard. Misal: saya mengunakan Browser Firefox yang ditambah program KeyScrambler (download programnya di http://www.qfxsoftware.com/download.htm), yaitu program anti key logger atau aplikasi mata-mata lainnya. KeyScrambler versi gratis bekerja pada browser firefox, internet explorer, dan flock.

  5. ok, Pak, saya juga ngambil/baca beberapa dari wiki… 🙂

  6. terima kasih informasi Mas…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s