WidodoWirawan.Com

Udah 1 bulan aq ga ikut ronda kampung, malam ini ga ikut lagi kayaknya, sharing dong pengalaman ronda Anda…

14 Komentar


Iklan

14 thoughts on “Udah 1 bulan aq ga ikut ronda kampung, malam ini ga ikut lagi kayaknya, sharing dong pengalaman ronda Anda…

  1. aku tiap malem ngeronda di MP *kalem*

  2. ngerti kok mba Reni selalu ronda di MP :-b

  3. Cuman sekali sampai sekarang 😀

  4. kenapa cuma sekali Pak? brarti bayar kompensasi?

  5. Enggak mas, dah gak 'musim' 🙂

  6. o, pada bolos semua yak rondanya, hehe…memang begitu kulturnya ya… 😀

    klo di tempat saya yang udah 60 tahun boleh ga ikut ronda, yang berhalangan tetap karena ga bisa ikut ronda dipersilakan menyumbang seikhlasnya per bulannya. Ronda sebenarnya engga sampai subuh, paling malam cuma sampai jam 2, tapi seringnnya jam 00 udah pulang ke rumah, karena memang patroli sebentar ngambilin duit receh ke rumah-rumah penduduk.

    Ronda memang ga dipaksa, walaupun sudah dibuatkan jadwalnya, tapi dihimbau sangat untuk ikut alias “sunnah muakkadah”, hehe, karena memang itu untuk kepentingan bersama, karena sering ada kemalingan, untuk memeriksa keamanan lingkungan seperti bahaya lain seperti kebakaran, binatang buas, perbuatan mesum (pernah sih kepergok laki-perempuan yang lagi bermesraan sambil pijat2an (mungkin lagi capek) dan bugil, tapi kayaknya suami istri, hehe…

    sayangnya jadwal ronda saya malam jumat setelah sering 30 jam bekerja di kantor, jadinya memang badan udah ga mood, mau ganti jadwal agak malas, takut ga klop dengan teman ronda yang lain. Biasanya saya selang-seling seminggu hadir seminggu engga. “Malu” juga ga ikut ronda karena banyak juga orang yang lebih sibuk pada bisa ikut kok, di tempat kami ada warga yang polisi juga, ronda aja pada bawa pistol, hehe…

    Ronda meningkatkan keakraban sesama warga, ngobrol-ngobrol bahkan bisa mencerahkan mereka, saya sering ngobrol masalah kesehatan dan menyelipkan pesan-pesan kesehatan seperti hal-nya penyuluhan kesehatan yang kadang saya berikan waktu arisan/rapat RT. Memang sih warga lebih suka menghabiskan waktu ronda dengan main gaple/kartu remi, memang ga pake taruhan sih, tapi terus terang aku sendiri bosan ngelihatnya, sekarang udah ada TV, jadi pada sambil lihat TV…mau bawa laptop sendiri maenan MP ga enak, hehe…

  7. aku musti ganti kewajiban ronda 3 september (lagi “pulkam”).

  8. wah, lebih kaku ya aturannya…

  9. bukan karena peraturan, tapi karena kesadaran sendiri. (ewuh pakewuh)

  10. waaah, warga yang baik nih OT… 🙂

  11. karena mereka juga sudah baik sama OT. rumah sudah hampir dua minggu ditinggal lebaran, alhamdulillah tetap aman. 😀

  12. iya, tempat saya juga begitu, rumah jadi aman, karena saling menjaga, padahal ga ada pagar dan teralis, bahkan pintu pernah terbuka lebar, malah dijagain sampai saya pulang kerja…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s